Selasa, 19 Agustus 2014

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DATA KEPEGAWAIAN

1.1.         Latar Belakang
          Perkembangan teknologi di era globalisasi seperti sekarang ini tidak terlepas dari makin bertambah majunya teknologi komputer , kebutuhan komputer  akan teknologi semakin diminati oleh berbagai kalangan baik di perusahaan, instansi pemerintah, swasta, maupun di organisasi. Dengan berkembangnya teknologi dibutuhkan sebuah pengolahan data dan informasi yang tepat dan akurat. Kantor Kecamatan Bawang yang beralamat di Jl.Raya Mantrianom, terletak 7 km sebelah barat dari ibu kota kabupaten Banjarnegara dengan luas 55,25 km, merupakan salah satu  instansi pemerintah yang berada di kabupaten Banjarnegara. Selama ini kantor kecamatan bawang masih mengalami kesulitan dalam pengolahan data kepegawaian baik dalam pelaporan, penyimpanan dan pencarian. Dalam pembuatan laporan dan pencarian data kepegawaian , staff pegawai harus membuka satu persatu dari beberapa arsip data kepegawaian untuk selanjutnya di salin ke excel. untuk proses penyimpanan staff harus mencatat kembali ke buku kemudian disimpan sebagai arsip , hal ini cukup merepotkan dan memperlama staff pegawai dalam pembuatan laporan kepegawaian .
Perangkat komputer sebagai sarana pendukung pada kantor kecamatan bawang memang sudah ada, namun karena keterbatasan sumber daya manusia yang masih kurang memadai maka belum dapat dipergunakan secara maksimal, sehingga diperlukan sistem informasi data kepegawaian guna melakukan pengolahan data tersebut.Karena pentingnya sistem informasi data kepegawaian pada Kantor Kecamatan Bawang, maka kerja praktek ini mengambil judul“Perancangan Sistem Informasi Data Kepegawaian di Kantor Kecamatan Bawang menggunakan PHP dan MySQL”. Sebagai solusi dari permasalahan yang ada.
1.2.            Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan maka permasalahan yang ada dapat dirumuskan sebagai berikut :Apakah sistem informasi data kepegawaian yang dibuat dapat mempermudah dalam pembuatan laporan serta pencarian dan penyimpanan data lebih terstruktur? 1.3.            Batasan Masalah
Meninjau dari permasalahan yang ada dalam pembuatan sistem pada  kerja praktek , maka ditekankan pada penanganan yang menyangkut input , cari , edit , simpan , delete , dan report data yang dibatasi hanya meliputi :1.    penginputan data pegawai
2.    penginputan data kepangkatan
3.    penginputan data cuti pegawai
4.    penginputan data penilaian pegawai
5.    penginputan data mutasi (pindah)
6.    penginputan data absensi pegawai
7.    bahasa pemrograman yang digunakan menggunakan PHP sebagai antarmuka dan MySQL sebagai database nya.
 1.4.            Tujuan Penelitian
Tujuan dari pelaksanaan kerja praktek di Kantor Kecamatan Bawang adalaha.            Sebagai salah satu syarat yang harus ditempuh guna menyelesaikan kuliah Strata Satu (S1) program studi sistem informasi pada STIMIK Tunas bangsa banjarnegara.
b.            Membantu kelancaran pekerjaan di bidang kepegawaian terutama dalam pembuatan laporan .
c.            Menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh diperkuliahan dengan tugas yang diterima di instansi tempat kerja praktek.
d.           Menemukan permasalahan yang ada di Kantor kecamatan bawang dan berusaha          mencari alternatif pemecahan masalah.
 1.5.                Manfaat Penelitian
Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah:1.5.1.  Bagi Mahasiswa
a.        Menambah wawasan dan pengalaman dalam hal perancangan dan pembuatan sistem informasi.
b.        Menerapkan ilmu yang di dapat dalam bidang akademis sehingga mahasiswa dapat mengetahui dan mengatasi permasalahan yang timbul di lapangan.
c.         Mencari pengalaman dan menambah pengetahuan sebagai bekal dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.
1.5.2.  Bagi Perguruan Tinggi
a.        Menambah kerja sama yang baik dengan lembaga tempat kerja praktek.b.        Menambah pustaka dan masukan bagi STIMIK Tunas Bangsa Banjarnegara.1.5.3.  Bagi Lembaga Tempat Kerja Praktek
a.        Dapat memberikan solusi dari permasalahan yang ada sehingga mendukung kinerja pegawai.
b.        Memberikan kemudahan bagi staff pegawai dalam pembuatan laporan kepegawaian.
1.5.4. Bagi Pembaca
a.        Dapat menjadi pedoman dalam penyusunan laporan kerja praktek bagi mahasiswa selanjutnya.
b.        Para pembaca dapat mengembangkan lebih baik lagi. 1.6.         Metode Penelitian
Metodologi Penelitian dilakukan dengan beberapa tahapan, antara lain:
1.6.1.  Pengumpulan Data
Metode Pengumpulan data antara lain :a.            Pengamatan (Observasi)
Observasi merupakan teknik atau pendekatan untuk mendapatkan data primer dengan cara mengamati langsung obyek datanya. (Jogiyanto, 2008 :89)b.            Wawancara
Wawancara adalah komunikasi dua arah untuk mendapatkan data dari responden . Wawancara adalah (interview) dapat berupa wawancara personal (personal interview), Wawancara intersep (intercept interview)  dan wawancara telephone (telephone interview).  (jogiyanto, 2008 :111)
c.             Partisipasi
Cara melakukan pengumpulan data ialah melalui keterlibatan langsung dengan obyek yang diteliti. (Jonathan Sarwono, 2007 :100)
1.6.2.  Prototipe
Prototipe merupakan suatu metode dalam pengambangan sistem yang menggunakan pendekatan untuk membuat suatu program dengan cepat dan bertahap sehingga segera dapat dievaluasi oleh pemakai. (Abdul Kadir, 2003 :416) Metode prototipe meliputi langkah-langkah sebagai berikut :
a.         Identifikasi Kebutuhan pemakai
Dalam tahap ini, peneliti dan pemakai bertemu untuk mengetahui kebutuhan sistem.
b.         Membuat Prototipe
Peneliti mulai membuat prototipe berdasarkan penjelasan dari pemakai.
c.          Menguji Prototipe
Pemakai akan menguji prototipe yang dibuat oleh peneliti dan memberikan kritik serta saran.
d.         Memperbaiki prototipe
Dari kritik dan saran pemakai, peneliti memperbaiki prototipe.
e.         Mengembangkan Versi Produksi
Pengembang menyelesaikan sistem sesuai dengan masukan terakhir pemakai.

1.7.                Sistematika Penulisan
             Untuk memberi gambaran yang jelas serta memudahkan pemahaman laporan yang disusun, maka sistematika penulisan disusun sebagai berikut :BAB I PENDAHULUANBerisi tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metode penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Berisi penjelasan tentang tinjauan pustaka dan dasar teori atau metodologi yang terkait dan digunakan pada penyusunan laporan kerja praktek yang meliputi pengertian sistem, kepegawaian, database, flowchart, DFD (Data Flow Diagram), ERD (Entity Relationship Diagram), PHP (hypertext preprocessor) dan MySQL.

BAB III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Berisi tentang gambaran umum instansi tempat kerja praktek yaitu Kantor Kecamatan Bawang, profil, struktur organisasi dan lain-lain yang terdapat pada instansi tersebut. 

BAB IV PEMBAHASAN
Berisi mengenai desain konsep awal DFD (Data Flow Diagram), ERD (Entity Relationship Diagram), rancangan tabel, desain interface dan implementasi program. 

BAB V PENUTUP
Berisi tentang simpulan dan saran .
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar